Sabtu, 09 Januari 2016

Jangan Terobsesi Sama Nilai,Norak!

Hallo semuanya :D Kalian pasti tau kan apa itu nilai? Terus  pernah kan, dapet raport,ijazah hasil ulangan, dll ?(Jangan bilang ngga pernah) ,yaa tau kan yaa pasti,anggep aja tau. :P

Keren hoho 

Nilai.Nah,nilai itu sering banget jadi obsesi orang-orang.Mau orang tua/anak-anak/mahasiswa,sama aja.Orang tua mana yang ngga seneng anaknya dapet nilai bagus? Anak mana yang ngga bangga kalo dapet nilai bagus?Siapa yang ngga kegirangan dapet nilai bagus?

Padahal kalau dipikir-pikir, nilai  itu ngga terlalu berguna sebenernya. Contohnya raport.Mau kamu dapet nilai MTK 98 pun, kalau misalnya raport itu hilang ya udah kelar.Lagipula yang namanya raport itu kan nilai tertulis, suatu saat bakalan luntur lah,rusak lah,ini lah,itu lah.Seiring waktu aja.

True. 
Atau misalnya kamu ketemu orang yang baru kamu kenal, nah supaya kamu bisa disegani orang itu,apa perlu  kamu nunjukin nilai di ijazah  kamu dan bilang "Liat nih ijazah  gue , juara UN!" Ngga mungkin kan? Malah sejak pertemuan pertama juga  dijamin kamu bakalan dapet kesan yang kurang baik.

Asal kalian tau ya, orang-orang ngga ngeliat kamu dari nilai yang kamu dapet. Orang-orang bakal respect sama kamu kalau kamu punya akhlaq/attitude yang baik.Lagipula dengan bersikap baik, kamu udah nunjukin kalau kamu orang yang pinter, punya pikiran & ngga seenaknya.

Add caption

Orang-orang terdekat kamu, waktu liat nilai kamu yang bagus mungkin mereka akan kagum, muji kamu, atau lebaynya ngasih hadiah.Mereka bakal kesenengan liat angka 9, tapi coba deh,beberapa menit kemudian  kamu tanyain sesuatu tentang nilai kamu itu ,pasti mereka bakalan lupa. Karena apa?Karena kekaguman mereka cuma sesaat.Kamu ngga mungkin terus-terusan nunjukin nilai 9 kamu ke mereka,  mereka bakalan bosen .Tapi apakah kalau kamu berbuat baik terus-terusan mereka bakalan bosen juga ? Ngga akan. :)

Kamu boleh aja sedih kalau kamu dapet nilai merah, tapi bukan berarti kamu harus minder! Kalau emang memang kamu bosenan, coba  kembangin aja skill kamu,yang bener-bener kamu minati tanpa ada istilah bosen itu  dari sekarang.Ikutan les,biar pas kamu lulus skill kamu itu bisa kepake dengan baik.

Jangan iri liat orang nilainya bagus-bagus, sekarang gampang  dapet nilai bagus. Asal ada uang, asal ada kemampuan lirik sana sini pas ujian.Yeah.You must remember,kejujuran lebih berharga dari nilai yang cuma berlaku sementara.

Add caption

"Kalau gitu ngga usah belajar" Ehh, bukan gitu. Belajar tetep harus,tapi harus ditekadin kalau tujuannya belajar itu bener-bener  buat cari ilmu. Bukan buat nilai. Pusing nantinya kalau kamu terus-terusan mikirin nilai, bisa aja kamu dapet nilai  100 atau IPK sempurna tapi ilmunya ngga ada.Ya kan?

Ilmunya dulu deh, nilai nyusul belakangan. Tho orang-orang berilmu udah pasti bernilai :* :* :* ({})

20 komentar:

  1. Setuju, karena nilai itu hanya buatan. Bisa benar, bisa juga salah. Tergantung sudut pandang.

    BalasHapus
  2. Bener banget,, percuma juga kalau kita punya nilai tinggi tapi attitudenya renda.

    BalasHapus
  3. Iya,kadang ada juga murid yg cuma baik depan gurunya aja biar dapet nilai gede. Btw,Thx Mbak Qhie & Wien udah berkunjung :)

    BalasHapus
  4. bener. tapi nilai itu tetap jadi tolak ukur untuk menilai orang dengan cepat. misalnya dapet nilai bagus semua trus jadi ranking 1 di kelas. pasti dia dinilai dan dianggap pintar.
    cerita yg kamu sampaikan bagus. :)
    kunjungi http://ptbanyakcerita.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. memang benar tp bukan berarti kita lalu mengabaikan. perlu kejujuran , proses yg benar untuk mendapatkan nilai. Krn kalau kita bilang nilai gak penting bisa2 semua gak akan pernah belajar atau gak pernah berjuang . Krn dg proses yg benar dan kejujuran nilai itu bisa dipertanggungjawabkan, tapi masalahnay skrg mana ada org yg mau berproses dan jujur, itulah masalahnya

    BalasHapus
  6. cakep bener , tulisannya , nilai tak selamanya menjadi patokan

    BalasHapus
  7. Makasih kak @TiraJoehardi, @TriJuhari dan @Mr. Asta udh baca-baca,semoga bermanfaat :D

    BalasHapus
  8. Toh, orang berilmu sudah pasti bernilai. Setuju pisan!
    Karena nilai hanya sebatas hitam di atas putih :)

    BalasHapus
  9. Bang @Awaldi ,hehe kata-kata "Karena nilai hanya sebatas bitam di atas putih" nya keren ih :D makasih udh main :)

    BalasHapus
  10. Tetep aja nilai menentukan. :v

    http://megabytetutotial.blogspot.co.id

    BalasHapus
  11. Iya bang @Husam,nilai emang menentukan tp attitude lebih penting.Parah kan kalo nilainya bagus" tp kelakuan kaya setan :p Thx udh main :)

    BalasHapus
  12. Nilai akademik adalah bentuk tanggungjawab kpd orgtua, sementara moral dan softskill adalah bentuk tanggungjawab terhadap diri sendiri. Sukses terus mbak :)

    BalasHapus
  13. Iya mbak Yasmin hehe .Trimakasih,sukses km jugaa ya ({})

    BalasHapus
  14. Setuju banget sama kamunya....
    yang penting paham sama pelajarannya...bisa naik kelas trus lulu...
    Horee...

    BalasHapus
  15. Padahal baru aja kemarin aku nulis di blogku yang ada kaitannya kalo aku sedikit terobsesi sama nilai www.faisalriza.com/2016/02/anggap-saja-kuliah-itu-sebuah-kejuaraan.html?m=1 ... hehe. Tapi menurutku, dapet nilai yang bagus itu cuma buat kepuasan aja. nggak pernah kok buat dibangga-banggain. Kepuasan. Kayak semisal lagi stand up dan yang nonton ketawa. udah gitu aja sih. kayak lagi masak dan masakannya enak.

    BalasHapus